4 Cara Untuk Mengetes Apakah Perhiasan Berlian Asli Atau Palsu


Bukan rahasia lagi kalau wanita menyukai perhiasan untuk menambah nilai fashion mereka. Hal ini termasuk perhiasan berlian yang belakangan ini juga sedang trend di kalangan anak muda. Sayangnya, pengetahuan untuk mengenali berlian asli rasanya masih saja kurang. Nah, di artikel ini Kami akan membahas tentang bagaimana cara membedakan berlian yang asli dan palsu.

Tes Menggunakan Air

Ambillah gelas yang diisi dengan air 3/4-nya. Masukkan perlahan berlian ke dalam gelas. Bila Anda mendapati berlian ini tenggelam, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah asli. Namun jika berlian ini mengambang atau berada di permukaan air, maka bisa dipastikan palsu.

Berlian yang asli memiliki density tinggi, jadi tes ini bertujuan untuk menunjukkan apakah batu mulai di perhiasan Anda cocok dengan level densitas ini.

Tes Kabut

Untuk fog test atau tes kabut, peganglah batu berlian di antara dua jari dan hembuskanlah nafas ke arahnya. Setelah Anda menghembuskan napas ke arah berlian, maka akan terbentuk kabut di berlian Anda akibat kelembaban dan panas dari nafas. Nah, jika kabut ini langsung menghilang, sudah bisa dipastikan bahwa berlian yang Anda miliki ini asli. Nah, jika dibutuhkan beberapa detik untuk menghilang, maka kemungkinan berlian palsu.

Perlu Anda ketahui, berlian mampu menyalurkan panas dengan baik sehingga panas segera menghilang begitu Anda menghembuskan napas ke arahnya.

Cek Bagian Setting dan Gunungan (Mount)

Jika berliannya sudah terpasang di cincin, lihatlah tipe setting dan "mount" yang digunakan. Karena berlian ini sangat mahal, berlian asli hanya akan di setting dengan perhiasan yang berkualitas. Misalnya, berlian akan di-setting di material berbahan platinum, emas kuning dan didesain seperti halo setting dan sebagainya.

Jika setting-annya sudah sesuai yang didesakripsikan di atas, lihat bagian tengah cincin untuk melihat jenis karat perhiasannya. Biasanya akan tertulis 10K, 14K dan 18K. Ini menandakan jenis emas yang digunakan. Untuk PT dan Plat menandakan platinum. Bila Anda melihat angka 585, 770, 900 atau 950 ini menandakan platinum. Kadang juga emas.

Panaskan Batu Berlian

Batu berlian merupakan salah satu batu yang paling kuat. Makanya batu berlian ini tidak akan responsive terhadap panas tinggi.

Untuk mengetahui apakah berlian itu asli atau tidak, Anda bisa menggunakan panas tinggi ini.

Nah, ambilah gelas minum lalu isi dengan air dingin. Gunakan sarung tangan anti panas untuk memegang batu berlian Anda. Panaskan batu berlian menggunakan api selama 40 detik. Kemudian masukkan berlian ini ke dalam air dingin. Jika batu tersebut retak, ini artinya terbuat dari komponen yang lemah dan tentunya ini bukanlah berlian asli. Berlian yang asli akan tetap utuh.

Penggunaan tes panas ini bertujuan untuk mengukur kualitas dan kekuatan batu berlian Anda. Karena ekspansi dan kontraksi panas, material yang lemah seperti kaca, cubic zirconium akan retak dan pecah. Seperti yang Anda lakukan pada gelas, kaca atau Pyrex yang Anda pakai untuk masak. Setelah Anda mengeluarkannya dari oven, kemudian Anda cuci, maka bahan ini akan langsung retak.

Nah karena batu berlian ini adalah salah satu batu terkuat di planet, maka tentukan resistant. Panas akan tersebar dengan cepat dan berliannya tidak akan terpengaruh oleh perubahan suhu yang dramatis.

Nah, itulah beberapa tips mengetahui berlian asli dan palsu. Jika Anda ingin membeli perhiasan berlian asli dan tidak mau repot-repot melakukan tes di atas, Anda bisa percayakan pada Mondial Jeweler. Mondial Jeweler merupakan brand perhiasan berlian kenamaan di Indonesia yang hanya menggunakan berlian asli di setiap item-nya. Kunjungi sekarang. 

Posting Komentar

0 Komentar