Tips Menyembuhkan Diri Pasca Operasi Bypass



Hampir setiap hari semua orang telah melakukan aktivitas operasi bypass jantung. Jika sudah selesai melakukan pengobatan tersebut, maka kondisi belum bisa pulih 100 persen, sehingga perlu adanya beberapa cara untuk menyembuhkannya pasca operasi. Berikut ini ada beberapa tips menyembuhkan diri bagi individu setelah melakukan operasi CABG.

Tips Menyembuhkan Diri Pasca Operasi Coronary Artery Bypass Grafting

1. Menjaga Kebersihan

Tips pertama yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Mungkin bagi sebagian orang hal ini tidak memiliki korelasi dengan operasi CABG. Namun pada faktanya hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Menjaga kebersihan tubuh ini sangatlah penting agar tidak menimbulkan gejala yang sama. Terutama untuk menjauh dari kumpulan orang-orang yang merokok.

2. Perhatikan Bagian yang Sakit

Bagi sebagian orang, bekas operasi akan terasa sakit , mati rasa , dan juga gatal. Akan tetapi jika hal tersebut terus terjadi baik sebelum hingga sesudah operasi, amka langkah baiknya untuk anda melakukan konsultasi bersama dengan dokter yang ahli dibidangnya. Umumnya rasa sakit yang terjadi pasca operasi CABG ini bisa diatasi dengan melakukan kegiatan sehari-hari dan jalan-jalan.

3. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Jika sudah memasuki usia enam minggu pasca operasi bypass, umumnya anda diperbolehkan untuk melakukan berbagai aktivitas rumah tangga. Akan tetapi yang harus diperhatikan jangan berdiri di satu tempat selama kurang lebih 15 menit, hindari mengangkat beban berat, mendorong, hingga menarik benda berat. Dengan kegiatan tersebut, perlahan kondisi anda akan segera pulih.

Baca juga : Heartology Cardiovascular Center

4. Menyetir Kendaraan

Sama dengan sebelumnya, setelah enam minggu pasca operasi Coronary Artery Bypass Grafting, maka anda diperbolehkan untuk menyetir kendaraan. Ramuan sebelum melakukan hal tersebut, alangkah baiknya menanyakan kepada dokter yang menangani anda, karena untuk keputusan dan setiap kondisi tubuh yang dialami pasien satu dengan lainnya pasti berbeda.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Salah satu hal yang bisa anda lakukan pada saat ingin memulihkan tubuh setelah operasi CABG adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Umumnya dokter akan memberikan daftar menu yang direkomendasikan kepada pasien setelah melakukan operasi. Akan tetapi untuk beberapa waktu akan membuat kondisi pasien menjadi kurang nafsu makan.

Dalam usaha mengatasi hal diatas, maka alangkah baiknya jika anda membeli makanan yang kan di konsumsi menjadi beberapa bagian kecil guna meningkatkan frekuensi nafsu makan. Namun apabila selera makan masih belum pulih dalam jangka waktu beberapa minggu pasca operasi bypass, maka sebaiknya segera temui dokter yang menangani anda.

Diatas tadi ada 5 tips yang bisa anda lakukan jika ingin menyembuhkan diri setelah melakukan operasi Coronary Artery Bypass Grafting. Dimulai dari menjaga kebersihan tubuh, memperhatikan bagian yang sakit, dengan menyetir kendaraan, serta yang tidak boleh ketinggaan adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dengan begitu, kondisi anda akan segera pulih.

Posting Komentar

0 Komentar