Tahukah Anda Apa itu Equity Crowdfunding dan Apa Saja yang Menjadi Kelebihannya?

Tahukah Anda Apa itu Equity Crowdfunding dan Apa Saja yang Menjadi Kelebihannya?

Dunia usaha memang telah menjamur hampir di seluruh Indonesia.namun perlu diketahui bahwa perjalanan tersebut rupanya tidak semulus yang anda pikirkan. Permasalahan mendasar yang menjadi hambatan yaitu tentang modal yang dimiliki. Para pengusaha banyak yang gulung tikar dikarenakan minimnya modal dan kesusahan dalam akses pinjam kepada bank.

Namun dengan hadirnya equity crowdfunding menjadi solusi tersendiri bagi para pengusaha yang mengalami krisis modal. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan equity crowdfunding? Equity crowdfunding dapat diartikan sebagai suatu modal yang akan didapatkan melalui platform online yang bermanfaat sebagai modal yang cukup membantu. Cara menggunakannya juga tergolong dalam cara yang sangat mudah jika dibandingkan dengan jasa pinjaman lainnya.

Apa itu Equity Crowdfunding?

Langkah pertma tentunya harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertiannya. Equity crowdfunding bisa disebut jasa peminjaman dana yang tentunya dimulai dengan menginvestasikan saham melalui platform. Peminjaman dana ini memang didasarkan pada kemajuan teknologi, sehingga dilakukan dengan cara online.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan sayarat mutlak menjadi pijakan ketika akan memulainya. Sebenarnya system penggalangan dana yang dilakukan ini hampir sama dengan proses pembelian saham. Sehingga system yang digunakan sangat berbeda dnengan bank yang sebenarnya hanya bisa meminjamkan dana saja.

Meskipun equity crowdfunding ini tergolong system yang familiar, namun di Indonesia tetap tergolong dalam system yang baru, karena tidak banyak diketahui orang. Hal ini tentunyna dapat dibuktikan pada tahun 2019, hanya terdapat 3 perusahaan yang terdaftar pada sistem equity crowdfunding dan terdaftar secara resmi di OJK.

Terdapat tiga pelaku utama yang berperan dalam scenario ini, sehingga system kerjanya sama dengan pasar modal yang telah dikenal banyak orang sebelumnya.

Pelaku pertama biasanya disebut sebagai penerbit, dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan yang membutuhkan modal atau suntikan dana. Para investor tentunya yang akan menjadi penawar saham yang telah diajukan oleh pelaku pertama ini.

Pelaku bisnis yang kedua merupakan penyedia layanan yang tentunya telah terdaftar dengan resmi pada OJK. Para perusahaan yang menawarkan sahamnya tentunya melalui pihak kedua ini sehingga sampai pada pelaku ketiga.

Pelaku ketiga tentu saja investor yang berperan akan membeli saham yang telah ditawarkan oleh pengusaha perusahaan. Jenis kriteria yang diperbolehkan untuk mengikuti equity crowdfunding Indonesia yaitu berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Perusahaan ini tentunya memiliki kriteria belum pernah dikenal oleh beberapa kelompok perusahaan besar. Sebaiknya tergolong perusahaan yang mandiri dan tidak terikat dengan perusahaan lainnya.

Kelebihan Berinvestasi dengan Sistem Equity Crowdfunding

System yang diberikan oleh Equity crowdfunding tentunya memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menarik dalam kacamata bisnis. Kelebihan tersebut antara lain adalah:

1.  Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Jika perusahaan tempat Anda berinvestasi berkembang dan maju, maka keuntungan yang akan didapatkan menjadi lebih besar. Anda juga perlu mengetahui, bahwa banyak perusahaan bayi yang saat ini berkembang menjadi perusahaan yang cukup besar dalam dunia bisnis.

Anda wajib memilih jenis perusahaan yang memang bergerak dalam produk yang saat ini memiliki peluang berhasil yang tinggi. Dengan begitu, kesempatan bisnis yang sukses dapat anda raih dnegan mudah.

Jika perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan yang berada dalam bantuan anda, makan keuntungan besar dapat anda miliki. Sehingga inilah yang menuntut anda untuk pintar dalam memilih perusahaan yang akan dijadikan lahan investasi.

2.       Mendapatkan Perusahaan yang Sesuai dengan Keinginan

Jika telah memilih sistem equity crowdfunding, anda dapat bertemu secara langsung dengan pemilik saham dalam system online. Pilihlah jenis usaha sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Selain itu, detail perusahaan juga dapat anda tanyakan secara langsung dan gamblang.

Pada platform tersebut, para pengusaha biasanya akan menjelaskan secara detail akan apa saja yang akan diraih. Oleh karena itu, anda dapat dengan bebas menentukan investasi sesuai dengan jenis bisnis yang anda miliki.

Anda akan merasakan kepuasan yang tersendiri jika memilih berinvestasi pada rekan bisnis yang sesuai dengan jenis bisnis yang anda tekuni.

3.       Berinvestasi dapat Dilakukan dengan Lebih Mudah

Ketika memutuskan untuk berinvestasi melalui equity crowdfunding, anda tidak perlu lagi memiliki akreditasi yang jelas dari para investor. Karena dengan begitu, anda akan lebih mudah dalam melakukan proses investasi. Selain dari hal tersebut, melalui equity crowdfunding ini, anda juga dapat bertemu dengan rekan bisnis dengan lebih efisien.

Ingin terus berinvestasi dengan cara yang mudah dan tidak ribet?, maka equity crowdfunding dapat anda jadikan satu satunya pilihan yang tepat. Anda dapat mudah meraih keuntungan dengan memilih saham yang nantinya membawa keuntungan besar pada bisnis anda.

Posting Komentar

0 Komentar